SEHAT SECARA ALAMI

Makanan Pelengkap Alami Untuk Kesehatan

Awasi Irama Jantung

Jangan pernah remehkan aritmia. Penyakit kelainan irama jantung ini ternyata bisa berujung pada kematian. Untuk mencegahnya tak ada salahnya Anda mulai peduli dengan irama jantung Anda. Di antara jenis penyakit lain seperti jantung koroner atau serangan jantung, aritmia memang relatif kurang populer. Kasus aritmia juga tidak sebanyak penderita penyakit jantung koroner. Namun, kini aritmia sudah mulai rajin menyapa.

Lihat saja data statistik yang menunjukkan bahwa 5 dari 1.000 orang mengalami aritmia. Semakin tua umurnya, faktor risiko aritmia pun semakin tinggi. Untuk orang yang berumur 70 tahun, terdapat 1 dari 10 orang penderita aritmia. Aritmia adalah kondisi di mana irama jantung tidak normal. Atau bisa juga dikatakan bahwa aritmia atau gangguan irama jantung merupakan kelainan denyut jantung. Pada kasus ini penderita bisa memiliki irama jantung yang terlalu cepat atau lambat. Secara normal, dalam keadaan istirahat, kecepatan denyut jantung manusia berkisar 60–100 detak/menit.

Gangguan irama jantung banyak jenisnya.Pada prinsipnya dapat dibagi menjadi dua. Pertama aritmia yang berasal dari serambi (atrial arrhythmia) dan kedua yang berasal dari bilik (ventricular arrhythmia). Keduanya juga terdiri atas banyak jenis. Ada yang dengan struktur jantung yang normal (aritmia primer) dan ada yang disertai dengan kelainan jantung (aritmia sekunder).

Penyakit ini bisa saja terjadi pada jantung normal. Ada dua golongan yang berisiko terkena gangguan irama jantung. Golongan pertama adalah anak-anak, dewasa, dan orang tua. Golongan kedua adalah pada orang yang memiliki penyakit jantung lainnya, seperti penyakit jantung koroner.
”Pada umumnya, bila aritmia baru muncul ketika usia Anda cukup lanjut, keadaan ini harus diteliti lebih saksama dan ditangani lebih serius,” tutur Marianne J Legato MD dari Columbia University College of Physicians and Surgeons di New York City.

Aritmia memiliki beberapa gejala, antara lain keluhan termasuk palpitasi, perasaan lompatan atau getaran jantung, pusing, sesak napas, atau nyeri dada. Namun, ada pula seseorang yang mengalaminya sama sekali tidak sadar terjadinya aritmia. Kalau mendapat gejala tersebut, segera ke dokter dan segera minta direkam jantungnya (EKG). Karena pada saat gejala ini terjadi, diagnosis lebih penting.

Cara pencegahannya, khusus untuk aritmia primer, tidak ada karena memang sudah ada sejak lahir. Namun yang penting dilakukan adalah mendeteksi dini apabila keluhan berdebar-debar terjadi. Sedang untuk jenis sekunder, mencegah penyakit yang menyebabkan aritmia tersebut, seperti penyakit jantung koroner dan penyakit jantung katup.

Apabila gejala tersebut benar menunjukkan adanya aritmia, maka yang pertama tentu dokter akan memberitahukan penyakitnya. Pemberian obat merupakan tindakan pertama. Obat bekerja untuk mencegah terjadinya serangan sehingga harus diberikan seumur hidup. Bila obat tidak mampu lagi mengatasi serangan, baru dilakukan tindakan nonbedah yang disebut ablasi dengan frekuensi radio (AFR).

Untuk AFR perlu pemetaan khusus. Bila aritmianya sederhana, maka yang diperlukan adalah pemetaan konvensional dengan meletakkan beberapa elektroda di jantung. Berdasarkan sinyal tertentu yang berasal dari jaringan abnormal, kita dapat menentukan letak jaringan atau jaras yang abnormal lalu kita bakar dengan frekuensi radio.Tetapi bila aritmianya terlalu kompleks seperti atrial fibrillasi, ventrucuar tachycardia, maka diperlukan pemetaan khusus yang dinamakan noncontact mapping (3 dimensi).

Sayangi Jantung Anda Sejak Dini dengan HD Royal Jelly

Penyakit jantung dapat dipicu oleh banyak hal, diantaranya hipertensi, dimana tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya arterosklerosis. Royal Jelly dapat membantu mengurangi hipertensi karena mengandung asam amino yang bekerja menghambat kerja ACE (Angiotensin-1 Coverting Enzyme), sumber pemicu naiknya tekanan darah. Royal jelly juga mengandung vitamin B3 yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Royal Jelly adalah cairan putih, yang dihasilkan oleh kelenjar Hypopharyngeal lebah-lebah pekerja. Digunakan sebagai makanan larva (bakal) lebah. Royal jelly merupakan senyawa kuat, yang dapat membangun dan memperbaiki kerusakan, gangguan fungsi sel dan kelenjar. Memperlambat proses penuaan, mempertahankan peremajaan, badan dan pikiran.

Royal jelly mempunyai manfaat yang sangat penting bagi tubuh kita, terutama untuk meningkatkan daya tahan tubuh, pemeliharaan kesehatan dan mencegah terjadinya serangan penyakit infeksi. Royal jelly bekerja di sel jaringan saraf, kelenjar-kelenjar penghasil hormon, sistem imunitas (kekebalan) tubuh serta jaringan kulit sebagai stabilisator struktur kulit. Selain royale jelly, madu juga dapat membantu mencegah terjadinya serangan jantung, karena dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Agar jantung Anda sehat selalu lakukan juga beberapa hal di bawah ini:

  • Menjaga berat badan.
  • Menjaga tekanan darah agar tetap stabil.
  • Hindari makanan berlemak dan kolesterol tinggi.
  • Banyak makan buah dan sayur-sayuran.
  • Lakukan olahraga dengan teratur.
  • Memiliki gaya hidup yang sehat, bebas rokok dan alkohol.

19 Oktober 2010 - Posted by | Tips | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: