SEHAT SECARA ALAMI

Makanan Pelengkap Alami Untuk Kesehatan

Ginjal dan Saluran Kencing

Tubuh kita memproduksi beberapa jenis limbah, seperti keringat, gas karbon dioksida, feses, dan urin. Limbah-limbah tersebut dibuang dari berbagai saluran pengeluaran. Keringat dibuang melalui pori-pori di kulit, uap air dan karbon dioksida dibuang dari paru-paru melalui mulut dan hidung, dan sisa pencernaan dibuang dalam bentuk feses melalui anus.

Urin adalah buangan dari ginjal yang mengandung sisa-sisa metabolisme, seperti garam, racun, dan air yang dibawa oleh darah ke ginjal. Ginjal dan saluran kencing (termasuk ureter, kandung kemih, dan uretra) menyaring darah dan membuang sisa metabolisme yang terdapat di darah tersebut. Tanpa ginjal, sisa metabolisme dan racun akan bertumpuk di darah sehingga dapat membahayakan nyawa kita.

Selain membuang sampah dari tubuh, ginjal dan saluran kencing juga mengatur berbagai fungsi penting tubuh. Di antaranya, ginjal memonitor dan mengendalikan keseimbangan air di tubuh serta memastikan jaringan-jaringan tubuh mendapatkan cukup air agar tetap sehat dan dapat berfungsi sebaiknya.

Melalui sampel urin, dokter dapat mengetahui sebaik apa ginjal kita bekerja. Misalnya, keberadaan darah, protein, atau sel darah merah di urin mengindikasikan luka, peradangan, atau infeksi di ginjal. Selain itu, temuan glukosa di urin mengindikasikan penyakit diabetes.

ginjal saluran kencing suplemen bee propolis royal jelly pollen  lebah maduFungsi Ginjal
Walaupun manusia biasanya memiliki dua ginjal yang bekerja sama untuk menjalankan fungsi-fungsi vital, seseorang tetap dapat hidup normal dan sehat dengan hanya satu ginjal. Bahkan, ada juga yang lahir dengan satu ginjal saja. Bila demikian, ginjal tunggal itu akan membesar dalam rentang beberapa bulan untuk mengambil alih kerja penyaringan seluruh darah. Volume darah yang tiba di ginjal adalah sekitar 1 liter per jam.

Selain menyaring darah, memproduksi urin, dan memastikan kalau jaringan-jaringan tubuh mendapatkan cukup air, ginjal juga berfungsi mengatur tekanan darah dan kadar garam di darah dengan cara menghasilkan enzim renin.

Di samping renin, ginjal juga mengeluarkan hormon erythropoietin. Hormon ini berfungsi merangsang dan mengendalikan produksi sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh kita.

Ginjal juga membantu mengatur keseimbangan asam di darah dan cairan tubuh lainnya. Bila asam di darah tidak seimbang, maka tubuh tidak dapat berfungsi secara normal.

ginjal saluran kencing suplemen bee propolis royal jelly pollen  lebah madu

Kerja Ginjal
Pekerjaan ginjal dimulai dengan kedatangan darah di bagian hilus (lekukan bagian luar ginjal) melalui arteri renal. Ketika memasuki korteks (kulit luar) ginjal, arteri kemudian bercabang menjadi nefron-nefron.

Dalam satu ginjal, terdapat sekitar sejuta nefron yang berukuran sangat kecil itu. Proses penyaringan terhadap substansi berbahaya berlangsung di nefron karena masing-masing nefron memiliki filter bernama glomerulus.

Dari glomerulus, darah akan bergerak melewati kapiler untuk kemudian tiba di tubule. Di sinilah kadar garam, air, dan sisa metabolisme disesuaikan. Darah yang sudah tersaring kemudian meninggalkan ginjal melalui vena renal dan kembali ke jantung. Sementara itu, residu penyaringan akan dibuang dalam bentuk urin. Selain residu, urin juga mengandung urokrom, pigmen yang membuat urin berwarna kekuningan.

Urin kemudian berkumpul di renal panggul, kemudian diberangkatkan ke luar ginjal, tepatnya menuju kandung kemih, melalui tube bernama ureter.

Ukuran kandung kemih dapat membesar ketika menampung urin, bahkan sampai sebanyak setengah liter urin. Manusia dewasa perlu memproduksi setidaknya sepertiga dari jumlah tersebut agar dapat membuang limbah tubuh. Menghasilkan terlalu banyak atau terlalu sedikit urin dapat dianggap sebagai indikasi gangguan kesehatan.

Bila kandung kemih sudah penuh, syaraf di dindingnya akan mengirimkan rangsangan ke otak. Bila seseorang siap untuk urinasi atau buang air kecil, dinding kandung kemih akan berkontraksi dan sphincter (otot cincin yang menjaga pintu penghubung kandung kemih dan uretra) mengendur. Urin kemudian menyusuri uretra untuk kemudian dibuang ke luar tubuh manusia melalui lobang kencing yang berada di ujung penis (untuk lelaki) atau di atas vagina (untuk perempuan).


Gangguan di Ginjal dan Saluran Kencing

Banyak penyakit yang dapat mengganggu kinerja ginjal dan saluran kencing, di antaranya:

  • Infeksi saluran kencing yang terjadi saat bakteri, biasanya E. coli, memasuki sistem saluran kencing melalui uretra dan mulai menggandakan diri di kandung kemih. Beberapa tanda dan gejala yang dapat dikenali adalah hasrat yang kuat dan terus-menerus untuk buang air kecil, sensasi panas seperti terbakar saat buang air kecil, buang air kecil dalam kuantitas kecil beberapa kali, urin mengandung darah, berwarna keruh, atau beraroma menyengat, serta tes laboratorium menunjukkan ada bakteri di urin.
  • Nefrolitiasis atau batu ginjal yang berasal dari penumpukan kristal garam dan mineral di saluran kencing. Batu itu juga dapat terbentuk setelah infeksi. Bila ukuran batu dapat menghalangi saluran ginjal atau ureter, maka penderitanya akan mengalami rasa sakit perut yang parah. Biasanya batu ginjal dapat terbuang dengan sendirinya saat urinasi. Atau, bisa juga diambil melalui tindakan operasi.
  • Gagal ginjal adalah ketidakmampuan ginjal melaksanakan fungsinya. Ginjal perlahan-lahan atau berhenti menyaring darah secara efektif sehingga menyebabkan limbah dan substansi racun bertumpuk di darah. Kebanyakan gangguan ini bersifat permanen dan penderitanya harus menjalani cuci darah rutin agar dapat bertahan hidup.

Kerja ginjal dapat dikacaukan oleh tidak hanya ketiga gangguan di atas karena masih banyak hal yang dapat merusak ginjal sehingga secara langsung atau tidak langsung akan merusak kesehatan kita juga.
Menjaga Kesehatan Ginjal dan Saluran Kencing
Dengan produk-produk High-Desert, kesehatan ginjal dan saluran kencing dapat terjaga. Produk yang direkomendasikan untuk tujuan tersebut adalah:

  • HDI Royal Jelly yang membantu proses regenerasi sel-sel organ tubuh. Bila regenerasi berjalan baik, maka suatu organ akan mampu menjalankan fungsinya secara optimal.
  • HDI Bee Propolis yang membantu sel-sel membuang racun sekaligus menguatkan kekebalan tubuh dari berbagai bakteri, virus, jamur sekaligus mengurangi peradangan.
  • HDI Pollenergy 520 adalah suplemen yang akan menutrisi sel-sel tubuh. Nutrisi yang baik akan membuat sel-sel organ bekerja dengan baik.

ginjal  saluran kencing suplemen bee propolis royal jelly pollen lebah madu

20 Oktober 2010 - Posted by | Tips | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: