SEHAT SECARA ALAMI

Makanan Pelengkap Alami Untuk Kesehatan

Ragam Cara Peduli Arthritis

Sebagai penggemar kegiatan olah raga, Budi merasakan tubuhnya sangat sehat. Namun, beberapa bulan terakhir dia sering merasakan ngilu di persendiaannya. Semula, dia hanya menganggap rasa sakit itu akibat terkilir, tetapi ternyata rasa itu tak kunjung sembuh. Setelah berobat ke dokter, dia diberitahu bahwa sendinya terserang arthristis. Wah, jika sudah seperti ini kejadiannya, Budi harus melakukan terapi, tidak bisa dalam sekali pengobatan penyakitnya itu akan sembuh.

Penyakit Heterogen
Anda berpikir masih terlalu muda untuk terkena artritis? Eits, tunggu dulu. Salah satu kesalahpahaman yang paling populer tentang arthritis adalah bahwa itu penyakit orang tua. Selain itu, arthritis juga penyakit heterogen, dapat menyerang semua jenis kaum. Arthritis yang ditandai dengan nyeri, kaku, dan kadang-kadang pembengkakan pada sendi; dapat menyerang orang dari setiap jenis kelamin dan usia, dari anak-anak hingga orang tua.

Meskipun ada lebih dari 100 jenis arthritis (seperti gout, fibromyalgia, dan lupus), osteoarthritis adalah yang paling umum. Ini adalah kondisi di mana terdapat kerusakan pada tulang rawan di ujung sendi tulang, antara lain di tangan, pinggul, lutut, dan punggung. Tanpa bantalan, terjadi gesekan antar tulang sehingga akhirnya menghasilkan rasa sakit, bengkak, dan bahkan perubahan bentuk tulang. Rasa sakit dan cacat yang disebabkan oleh arthritis dapat menghambat aktivitas Anda sehari-hari. Selain itu, kelelahan dan stres yang menyertai dapat membuat Anda rentan terhadap penyakit lain.

Sayangnya, belum ada pengobatan yang berhasil ditemukan untuk menyembuhkan arthritis secara total. Saat ini, pengobatan yang ada sebatas bertujuan untuk mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman, serta mencegah kemungkinan cacat. Di sisi lain, banyak orang beralih ke ragam pengobatan yang juga dipercaya dapat membantu Anda dari masalah ini.

Akupunktur
Praktik akupunktur telah dilakukan selama lebih dari 2.500 tahun dan telah terbukti secara ilmiah mengurangi rasa sakit akibat arthristis. Suntik jarum akupunktur dimaksudkan untuk merangsang titik sepanjang saluran energi, sehingga dapat menyeimbangkan arus dan memulihkan kesehatan. Akupresur adalah suatu teknik yang mirip dengan akupunktur tetapi menggunakan tekanan ujung jari, bukan jarum. Dengan menekan beberapa titik pada  tubuh, penumpukan asam laktat dapat dihindari, yang kemudian membantu mengurangi rasa nyeri.

Terapi pijat
Pijat merupakan bentuk kuno mengurangi rasa nyeri, sejak lebih dari 3000 tahun. Teknik pemijatan dapat membantu Anda merasa rileks dan membiarkan darah mengalir melalui tubuh Anda secara alami sehingga dapat mengurangi rasa sakit. Reflexology adalah jenis lain dari pijat yang berdasarkan pengetahuan bahwa susunan syaraf organ-organ tubuh dipengaruhi oleh syaraf-syaraf yang ada di telapak kaki. Ketika tekanan diberikan ke daerah-daerah tertentu pada telapak kaki, daerah lain pada tubuh akan merasa santai.

Flotasi terapi
Flotasi kadang-kadang digunakan untuk mengobati rasa sakit radang sendi. Metode ini mengharuskan  pasien mengapung di kolam yang diisi dengan garam Epsom.  Garam Epsom telah dikenal oleh beberapa kalangan sebagai penghilang rasa sakit. Kinerjanya adalaha dengan merangsang produksi hormon endorfin.

Terapi  Pemanasan  dan Pendinginan
Metode terapi pemanasan dapat berupa mandi air hangat, menggukan pemanas pada daerah yang nyeri  atau dengan menggunakan bantal pemanas. Metode ini adalah salah satu perawatan tertua untuk arthritis. Terapi ini mengirimkan rangsang panas ke persendian. Selain pemanasan, terdapat pula metode mengompres sendi dengan air dingin. Sensasi yang diperoleh dari kedua metode itu bertujuan untuk mengurangi rasa sakit. Namun, perlu diingat bahwa  jangan menggunakan kompres dingin selama lebih dari 20 menit karena dingin yang berlebihan dapat merusak kulit.

Transcutaneous electrical nerve stimulation (TENS)
TENS menggunakan stimulasi listrik saraf untuk memblokir sinyal rasa sakit ke otak. Elektroda ditempatkan pada kulit dan dengan tingkat yang rendah, arus listrik menghasilkan sensasi getar dan rasa sedikit kesemutan.

Diet
Mengatur diet Anda sering dapat membantu dengan gejala artritis. Mengurangi konsumsi produk hewani, kecuali ikan, dan meningkatkan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian sangat membantu. Daging, terutama jeroan, harus dihindari karena memicu penumpukan asam laktat pada sendi. Jenis bahan makanan dari keluarga kentang-kentangan, tomat, paprika dan terong sangat mungkin memperburuk gejala arthritis, sehingga Anda perlu menghindarinya.

HD DT+Glucosamine: Suplemen untuk Penderita Arthritis
Glukosamin sulfat sangat dianjurkan sebagai suplemen gizi penderita arthristis. Glukosamin dalam bentuk alami dibuat dalam tubuh dari senyawa gula (glukosa) dan memainkan peran utama dalam pembuatan serta pemeliharaan tulang rawan.

Tubuh secara alami memiliki mekanisme sendiri untuk membangun kembali sendi-sendi dan jaringan ikat, memastikan tubuh Anda disertai dengan tingkat optimal dari nutrisi penting yang akan membantu melakukan tugasnya. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan mengurangi nyeri sendi, pembengkakan dan kekakuan. Suplementasi dengan vitamin dan mineral juga membantu untuk mengelola arthritis. Vitamin A, vitamin C, dan vitamin D dan E adalah penting untuk pengembangan dan pemeliharaan tulang rawan yang sehat, seperti juga kalsium dan magnesium.

Sudah terbukti bahwa glukosamine sulfat tidak hanya merangsang perbaikan tulang rawan, tetapi juga menghambat enzim yang memecah jaringan ikat ini. Mengonsumsi suplemen glukosamin dapat menghilangkan rasa sakit dan membantu penyembuhan sakit sendi. HD DT + Glucosamine Sulphate adalah perpaduan tepat antara glucosamine sulphate dengan bee propolis, bee pollen, dan royal jelly. Tiga unsur di belakang itu disebut sebagai Dynamic Trio.

Dengan mengonsumsinya, penderita artritis mendapatkan manfaat berupa kartilago baru yang terbentuk, rasa sakit nyeri di sendi berkurang, dan fungsi pergerakan sendi diperbaiki, serta mendapatkan peningkatan sistem kekebalan tubuh yang diperoleh dari Dynamic Trio itu.

Perlu diingat bahwa hampir semua perawatan kesehatan adalah sebuah proses, tidak ada yang instan. Dengan mencoba ragam terapi di atas, Anda dihadapkan pada proses penyembuhan yang menuntut ketekunan, kesabaran, dan tentu saja, doa. Dengan unsur-unsur itu, alhasil Anda akan mendapatkan hasil kesembuhan yang optimal. [HD]

20 Oktober 2010 - Posted by | Tips | , , ,

1 Komentar »

  1. nice…Salam Kenal….
    http://aliusmanhs.wordpress.com

    Komentar oleh Aly | 20 Oktober 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: